Manajemen Pemasaran

Pembelajaran Konsumen

Posted on: 14 Januari 2010


Pembelajaran Konsumen

Pembelajaran konsumen merupakan proses ; artinya terus menerus berkembang dan berubah karena adanya pengetahuan yang baru diperoleh ( yang mungkin didapat dari membaca, dari diskusi, dari pengamatan, dan dari proses berpikir ) atau dari pengamatan sendiri.

Peran pengalaman dalam pembelajaran tidak berarti bahwa semua pembelajaran dicari dengan sengaja. Walaupun kebanyakan pembelajaran adalah disengaja ( yaitu, diperoleh sebagai hasil pencarian informasi yang teliti ), banyak pemebalajaran yang disengaja, diperoleh secara kebetulan atau tanpa banyak usaha.

Motivasi

Konsep motivasi penting bagi teori pembelajaran ingatlah, motivasi didasarkan pada kebutuhan dan sasaran. Motivasi berlaku sebagai pemacu pembajaran.

Isyarat

Isyarat merupakan stimuli yang memberikan arah berbagai motif ini.isyarat membantu mengarahkan dorongan konsumen jika konsistensi dengan harapan-harapan konsumen.

Respon

Cara bereaksi para individu terhadap dorongan interval atau isyarat – bagaimana mereka berperilaku – akan membentuk respon mereka. Pembelajaran dapat terjadi bahkan ketika tanggapan tidak jelas.

Penguatan

Penguatan ( reinforcement ) meningkatkan kemungkinan bahwa respon khusus akan terjadi di masa yang mendatang karena adanya berbagai isyarat atau stimuli khusus.

Beberapa Teori Pembelajaran Perilaku

Teori pembelajaran perilaku kadang-kadang disebut teori stimulus-tanggapan karena didasarkan pada pemikiran bahwa tanggapan yang nyata terhadap stimuli-tanggapan eksternal tertentu memberi pertanda bahwa pembelajaran telah terjadi.

Pengkondisian klasik

Ivan Pavlov, Psikolog Rusia, adalah yang pertama menggambarkan pengkondisian dan mengemukakannya sebagai model umum mengenai cara terjadinya pembelajaran.menurut teori Pavlov, pembelajaran yang dikondisikan terjadi jika stimulus tertentu yang dipasangkan dengan stimulus lain yang mendatangkan tanggapan yang dikenal menimbulkan tanggapan yang sama jika digunakan sendiri saja.

Pembelajaran Asosiasi Kognitif

Teori pengkondisian yang terakhir memandang pengkondisian klasik sebagai pembelajaran asosiasi di antara berbagai peristiwa yang memungkinkan organisme untuk mengantisipasi dan “mewakili” lingkungannya.pengkondisian klasik dipandang sebagai pembelajaran asosiasi kognitif. Bukan perolehan refleks baru, tetapi merupakan perolehan pengetahuan baru mengenai dunia.

Aplikasi Strategis Pengkondisian Klasik

Tiga konsep pokok yang berasal dari pengkondisian klasik adalah:

Þ Pengulangan

Þ Generalisasi stimulus

o Perluasan lini,bentuk,dan golongan produk

o Pemakaian merk gabungan (family Branding)

o Pemberian lisensi (licensing)

o Menggeneralisasikan situasi pemakaian

Þ Diskriminasi stimulus

o Pengaturan posisi

o Diferensiasi Produk

Pengkondisian Instrumental

Para pakar teori pembelajaran instrumental percaya bahwa pemebelajaran terjadi melalui proses mencoba (trial and error), dimana kebiasaan dibentuk sebagai hasil ganjaran yang diterima untuk tanggapan dan perilaku tertentu.

Nama yang sangat erat hubungannya dengan Pengkondisian Instrumental (Operant) diberikan oleh psikolog Amerika, B,F, Skinner, kebanyakan pembelajaran individu terjadi pada lingkungan yang dapat dikendalikan di mana para individu “memperoleh ganjaran” jika berhasil memilih perilaku yang tepat.

Penguatan Perilaku

Skinner membedakan dua tipe penguatan ( atau ganjaran ) yang mempengaruhi kemungkinan bahwa tanggapan tertentu akan berulang. Tipe pertama, penguatan positif,terdiri dari berbagai peristiwa yang memperkuat kemungkinan timbulnya tanggapan khusus. Penguatan negative merupakan hasil yang tidak menyenangkan atau negative yang juga mendorong timbulnya perilaku khusus.

Melupakan dan Mengahapus Ingatan

Jika tanggapan yang dipelajari tidak lagi diperkuat, maka akan menghilang sampai tingkat penghapusan; yaitu sampai tingkat dimana hubungan antara stimulus dan ganjaran yang diharapkan hilang.

Aplikasi Strategis Pengkondisian instrumental

Para pemasar secara efektif menggunakan berbagai konsep pembelajaran instrumental konsumen ketika mereka memberikan penguatan positive dengan menjamin kepuasan konsumen terhadap produk, jasa, dan keseluruhan pengalaman membeli.

Þ Kepuasaan (penguatan) Pelanggan

Þ Urutan penguatan

Þ Pembelajaran terkumpul versus pembelajaran terdistribusi

Pembelajaran Melalui Peragaan atau Pengamatan

Para pakat teori pemebalajaran memperhatikan bahwa sebagian besar pemebelajaran terjadi dalam keadaan tidak adanya penguatan langsung, baik yang positive maupun negative melalui proses yang disebut para psilokolog pembelajaran melalui peragaan atau pengamatan.

Teori Pembelajaran Kognitif

Pembelajaran berdasarkan pada kegiatan mental disebut pemebelajaran kognitif. Teori pemebelajaran kognitif mengganggap bahwa pemebelajaran uang menjadi cirri khas manusia adalah pemecahan masalah, yang memungkinkan para individu dapat mengendalikan lingkungan mereka. Tidak seperti teori pembelajaran prilaku, teori mengganggap bahwa pembelajaran menyangkut pengolahan mental yang kompleks terhadap informasi.

Pengolahan Informasi

Pengolahan informasi berkaitan dengan kemampuan kognitif konsumen maupun kompleksitas informasi yang akan diolah.

Cara Konsumen Menyimpan, Mempertahankan, dan Mengingat kembali informasi

Yang sangat penting dalam pengolahan informasi adalah daya ingat manusia. Struktur Ingatan karena pengolahan informasi terjadi dalam beberapa tahap yaitu;

Þ Penyimpanan Sensoris

Þ Penyimpanan jangka panjang

Þ Penyimpanan jangka pendek

Þ Pengulangan dan penyandian

Þ Penyimpanan

Þ Mengingat kembali

Þ Pengolahan informasi terbatas dan luas

Teori Keterlibatan

Teori keterlibatan berkembang dari aliran riset yang disebut hemispheral lateralization atau teori belah otak. Dasar pemikiran belah otak adalah bahwa hemisfer otak sebelah kanan dan kiri “mengkhususkan diri” pada macam informasi yang mereka olah.

Þ Teori Keterlibatan dan strategis Media

Þ Teori Keterlibatan dan relevansinya bagi konsumen

Þ Rute Tengah dan Samping untuk Melakukan Persuasi

Þ Model Kemungkinan Pembahasan Model Kemungkinan Pembahasan

Þ Ukuran Keterlibatan

Ukuran Pembelajaran Konsumen

Meningkatanya pangsa pasar dan konsumen yang setia pada merk, bagi kebanyakan pemasar, merupakan sasaran ganda dari pembelajaran konsumen.

Þ Ukuran Pengenalan dan Ingatan

Þ Tanggapan Kognitif terhadap Iklan

Þ Ukuran Sikap dan Perilaku pada Kesetiaan Terhadap Merk

Ekuitas Merk

Istilah ekuitas merk merujuk pada nilai yang terkandung dalam suatu merk terkenal. Dari perspektif konsumen, ekuitas merk merupakan nilai tambah yang diberikan pada produk oleh merk

About these ads

Artikel Gue…

Kalender Gue….

Januari 2010
S S R K J S M
     
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kritik & Saran

My Photo

that's me

Jangan Pernah Menyerah

Inovatif

RSS Kreatif…

  • Konsultasi Pernikahan Beda Agama 29 Agustus 2014
    PERNIKAHAN BEDA AGAMA: PRIA MUSLIM WANITA KRISTEN Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Langsung saja pak ustadz, Saya pria beristeri dan beranak 4 Saya ingin menikahi seorang Janda beragama Kristen. Sekarang dia mau kami menikah secara Islam namun dia masih ingin tetap pada keyakinannya saat ini yaitu Kristen. Dengan kata lain dia tetap Kristen (sampai […]
    Ahmad Fatih
  • Konsultasi Rumah Tangga: Suami Mengaku Pernah Berzina, Istri Sakit Hati 28 Agustus 2014
    SUAMI MENGAKU PERNAH BERZINA, ISTRI SHOCK DAN SULIT MENERIMA Assalamualaikum ustadz Saya seorang wanita berusia 31 tahun & sudah mempunyai 3orang anak. Saya sudah menjalani pernikahan dg suami selama 6tahun lebih & alhamdulillah sampai pd saat menikah saya berhasil mempertahankan keperawanan saya. Tetapi 2hari sebelum ulang tahun pernikahan kami yg k […]
    Ahmad Fatih
  • Konsultasi Pernikahan Tanpa Rasa Cinta 26 Agustus 2014
    HUKUM PERNIKAHAN TANPA RASA CINTA asalamualaikum pak ustad saya mau bertanya 1. bagaimana hukumnya suatu pernikahan yang dilakukan tidak dilandasi dengan rasa suka.Malah benci di hati pada suami karena Terpaksa dilakukan untuk menyenangkan hati orangtua. 2. amalan yang bisa dilakukan untuk mempercepat jodoh dan cara meyakinkan hati jika dia jodoh . Terima ka […]
    Ahmad Fatih
  • Hukum Pengiriman Uang Antar Negara 25 Agustus 2014
    Hukum Pengiriman Uang Antar Negara melaluai jasa pengiriman uang seperti Western Union Money Transfer, MoneyGram global money transfer, Transfermate, dan lain-lain apakah halal? Apakah bukan riba? Bagaimana dnegan serah terima (taqabud) yang tidak kontan atau langsung? Menurut para ulama kontemporer, hukum transfer uang antar negara dengan mata uang yang ber […]
    Ahmad Fatih
  • Warisan Untuk Anak Angkat Dan Anak Kandung 24 Agustus 2014
    WARISAN UNTUK ANAK ANGKAT DAN ANAK KANDUNG Assalaamualaikum wr wb, Saya ingin berkonsultasi mengenai pembagian waris. Nama saya Dias, 33 th, Laki-laki. Ayah saya meninggal Agustus 2010. Ibu saya meninggal 21 Juni 2014. Saya bukan anak kandung dari ayah saya, melainkan anak dari kakak laki-laki ayah saya. Ayah saya memiliki satu anak perempuan dari istri sebe […]
    Ahmad Fatih
  • Konsultasi Perkawinan 23 Agustus 2014
    INGIN MENIKAHI WANITA KRISTEN, ORANG TUA TAK SETUJU assalamu alaikum ustdz. mhn maaf sblumnya, saya (laki-laki) seorng muslim. saya memiliki pacar seorng kristen. saya sngt sayang sama dia, walaupun menurut ulama/ agama pacaran itu hukumnya haram tapi bukan itu yg menjadi kendala. bahkan dia akan saya jadikan istri kelak, karena dia berkeyakinan ingin masuk […]
    Ahmad Fatih
  • Takdir dalam Islam 22 Agustus 2014
    Takdir adalah ketentuan Allah yang ditetapkan sejak zaman azali (dahulu). Dalam bahasa Indonesia takdir disebut nasib. Dalam bahasa Arab takdir disebut dalam dua kata yaitu qadha dan qadar. Kedua kata ini bermakna sama (sinonim) tapi ada juga yang memberi makna berbeda. Menurut ulama, takdir ada yang bisa berubah ada yang tidak bisa berubah. Yang pertama dis […]
    Ahmad Fatih
  • Anak Dapat Hibah dari Ayah, Apa Dapat Warisan? 21 Agustus 2014
    HIBAH ORANG TUA PADA ANAK SEBELUM MENINGGAL Ass.wr.wb Salam kenal...langsung saja... Saya ingin menanyakan tentang hukum pembagian warisan mnrut islam, sbb : Ayah meninggal dg meninggalkan 1 orang istri, 6 org putri (2 orng putri dari 2 istri yg dicerai dan 4 orng putri dari istri yg sekarang) dan 2 putra . (1 orang putra dari ibu yg dicerai dan 1 dari istri […]
    Ahmad Fatih
  • Hukum Percaya Ramalan dalam Islam 20 Agustus 2014
    Percaya pada ramalan hukumnya haram. Termasuk ramalan nasib, ramalan bintang zodiak, ramalan jodoh dan perkawinan, dll. Baik ramalan tentang masa lalu atau masa depan. Contoh ramalan masa lalu seperti ramalan tentang siapa pencuri barang yang hilang atau berada di mana barang yang hilang tersebut. Contoh ramalan masa yang akan datang seperti apa yang akan te […]
    Ahmad Fatih
  • Bagian Waris Anak Kandung Dan Anak Tiri 20 Agustus 2014
    BAGIAN WARIS ANAK KANDUNG, ANAK TIRI DAN SAUDARA Assalamu'alaikum wr. wb. Mohon informasi bagaimana pembagian waris yang benar menurut hukum Islam untuk kasus berikut : Almarhum. Ayah Mertua meninggal dunia. Beliau menikah 3 kali. Dengan istri pertama memiliki 3 anak (dua laki2, satu perempuan). Setelah istri pertama wafat, menikah lagi dengan istri ke- […]
    Ahmad Fatih
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: