Manajemen Pemasaran

Pembelajaran Konsumen

Posted on: 14 Januari 2010


Pembelajaran Konsumen

Pembelajaran konsumen merupakan proses ; artinya terus menerus berkembang dan berubah karena adanya pengetahuan yang baru diperoleh ( yang mungkin didapat dari membaca, dari diskusi, dari pengamatan, dan dari proses berpikir ) atau dari pengamatan sendiri.

Peran pengalaman dalam pembelajaran tidak berarti bahwa semua pembelajaran dicari dengan sengaja. Walaupun kebanyakan pembelajaran adalah disengaja ( yaitu, diperoleh sebagai hasil pencarian informasi yang teliti ), banyak pemebalajaran yang disengaja, diperoleh secara kebetulan atau tanpa banyak usaha.

Motivasi

Konsep motivasi penting bagi teori pembelajaran ingatlah, motivasi didasarkan pada kebutuhan dan sasaran. Motivasi berlaku sebagai pemacu pembajaran.

Isyarat

Isyarat merupakan stimuli yang memberikan arah berbagai motif ini.isyarat membantu mengarahkan dorongan konsumen jika konsistensi dengan harapan-harapan konsumen.

Respon

Cara bereaksi para individu terhadap dorongan interval atau isyarat – bagaimana mereka berperilaku – akan membentuk respon mereka. Pembelajaran dapat terjadi bahkan ketika tanggapan tidak jelas.

Penguatan

Penguatan ( reinforcement ) meningkatkan kemungkinan bahwa respon khusus akan terjadi di masa yang mendatang karena adanya berbagai isyarat atau stimuli khusus.

Beberapa Teori Pembelajaran Perilaku

Teori pembelajaran perilaku kadang-kadang disebut teori stimulus-tanggapan karena didasarkan pada pemikiran bahwa tanggapan yang nyata terhadap stimuli-tanggapan eksternal tertentu memberi pertanda bahwa pembelajaran telah terjadi.

Pengkondisian klasik

Ivan Pavlov, Psikolog Rusia, adalah yang pertama menggambarkan pengkondisian dan mengemukakannya sebagai model umum mengenai cara terjadinya pembelajaran.menurut teori Pavlov, pembelajaran yang dikondisikan terjadi jika stimulus tertentu yang dipasangkan dengan stimulus lain yang mendatangkan tanggapan yang dikenal menimbulkan tanggapan yang sama jika digunakan sendiri saja.

Pembelajaran Asosiasi Kognitif

Teori pengkondisian yang terakhir memandang pengkondisian klasik sebagai pembelajaran asosiasi di antara berbagai peristiwa yang memungkinkan organisme untuk mengantisipasi dan “mewakili” lingkungannya.pengkondisian klasik dipandang sebagai pembelajaran asosiasi kognitif. Bukan perolehan refleks baru, tetapi merupakan perolehan pengetahuan baru mengenai dunia.

Aplikasi Strategis Pengkondisian Klasik

Tiga konsep pokok yang berasal dari pengkondisian klasik adalah:

Þ Pengulangan

Þ Generalisasi stimulus

o Perluasan lini,bentuk,dan golongan produk

o Pemakaian merk gabungan (family Branding)

o Pemberian lisensi (licensing)

o Menggeneralisasikan situasi pemakaian

Þ Diskriminasi stimulus

o Pengaturan posisi

o Diferensiasi Produk

Pengkondisian Instrumental

Para pakar teori pembelajaran instrumental percaya bahwa pemebelajaran terjadi melalui proses mencoba (trial and error), dimana kebiasaan dibentuk sebagai hasil ganjaran yang diterima untuk tanggapan dan perilaku tertentu.

Nama yang sangat erat hubungannya dengan Pengkondisian Instrumental (Operant) diberikan oleh psikolog Amerika, B,F, Skinner, kebanyakan pembelajaran individu terjadi pada lingkungan yang dapat dikendalikan di mana para individu “memperoleh ganjaran” jika berhasil memilih perilaku yang tepat.

Penguatan Perilaku

Skinner membedakan dua tipe penguatan ( atau ganjaran ) yang mempengaruhi kemungkinan bahwa tanggapan tertentu akan berulang. Tipe pertama, penguatan positif,terdiri dari berbagai peristiwa yang memperkuat kemungkinan timbulnya tanggapan khusus. Penguatan negative merupakan hasil yang tidak menyenangkan atau negative yang juga mendorong timbulnya perilaku khusus.

Melupakan dan Mengahapus Ingatan

Jika tanggapan yang dipelajari tidak lagi diperkuat, maka akan menghilang sampai tingkat penghapusan; yaitu sampai tingkat dimana hubungan antara stimulus dan ganjaran yang diharapkan hilang.

Aplikasi Strategis Pengkondisian instrumental

Para pemasar secara efektif menggunakan berbagai konsep pembelajaran instrumental konsumen ketika mereka memberikan penguatan positive dengan menjamin kepuasan konsumen terhadap produk, jasa, dan keseluruhan pengalaman membeli.

Þ Kepuasaan (penguatan) Pelanggan

Þ Urutan penguatan

Þ Pembelajaran terkumpul versus pembelajaran terdistribusi

Pembelajaran Melalui Peragaan atau Pengamatan

Para pakat teori pemebalajaran memperhatikan bahwa sebagian besar pemebelajaran terjadi dalam keadaan tidak adanya penguatan langsung, baik yang positive maupun negative melalui proses yang disebut para psilokolog pembelajaran melalui peragaan atau pengamatan.

Teori Pembelajaran Kognitif

Pembelajaran berdasarkan pada kegiatan mental disebut pemebelajaran kognitif. Teori pemebelajaran kognitif mengganggap bahwa pemebelajaran uang menjadi cirri khas manusia adalah pemecahan masalah, yang memungkinkan para individu dapat mengendalikan lingkungan mereka. Tidak seperti teori pembelajaran prilaku, teori mengganggap bahwa pembelajaran menyangkut pengolahan mental yang kompleks terhadap informasi.

Pengolahan Informasi

Pengolahan informasi berkaitan dengan kemampuan kognitif konsumen maupun kompleksitas informasi yang akan diolah.

Cara Konsumen Menyimpan, Mempertahankan, dan Mengingat kembali informasi

Yang sangat penting dalam pengolahan informasi adalah daya ingat manusia. Struktur Ingatan karena pengolahan informasi terjadi dalam beberapa tahap yaitu;

Þ Penyimpanan Sensoris

Þ Penyimpanan jangka panjang

Þ Penyimpanan jangka pendek

Þ Pengulangan dan penyandian

Þ Penyimpanan

Þ Mengingat kembali

Þ Pengolahan informasi terbatas dan luas

Teori Keterlibatan

Teori keterlibatan berkembang dari aliran riset yang disebut hemispheral lateralization atau teori belah otak. Dasar pemikiran belah otak adalah bahwa hemisfer otak sebelah kanan dan kiri “mengkhususkan diri” pada macam informasi yang mereka olah.

Þ Teori Keterlibatan dan strategis Media

Þ Teori Keterlibatan dan relevansinya bagi konsumen

Þ Rute Tengah dan Samping untuk Melakukan Persuasi

Þ Model Kemungkinan Pembahasan Model Kemungkinan Pembahasan

Þ Ukuran Keterlibatan

Ukuran Pembelajaran Konsumen

Meningkatanya pangsa pasar dan konsumen yang setia pada merk, bagi kebanyakan pemasar, merupakan sasaran ganda dari pembelajaran konsumen.

Þ Ukuran Pengenalan dan Ingatan

Þ Tanggapan Kognitif terhadap Iklan

Þ Ukuran Sikap dan Perilaku pada Kesetiaan Terhadap Merk

Ekuitas Merk

Istilah ekuitas merk merujuk pada nilai yang terkandung dalam suatu merk terkenal. Dari perspektif konsumen, ekuitas merk merupakan nilai tambah yang diberikan pada produk oleh merk

Artikel Gue…

Kalender Gue….

Januari 2010
S S R K J S M
     
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kritik & Saran

My Photo

that's me

Jangan Pernah Menyerah

Inovatif

RSS Kreatif…

  • Apakah Roh Orang Mati Bisa Hidup dan Bangkit dari Kubur? 1 Agustus 2014
    ROH ORANG MENINGGAL APA BISA HIDUP LAGI? Assalamu'alaikum,pak ustadz 1. Apakah ruh dari seseorang/bayi yg sudah meninggal bisa kembali ke dunia memperlihatkan kewujudannya kepada seseorang yg masih hidup atau itu adalah mahluk jin ? Karena ibu saya sering bermimpi ttg keponakanىya yg meninggal saat masih bayi, dalam mimpi tersebut bayi yg sudah meningga […]
    Ahmad Fatih
  • Harta Waris Untuk Istri Muda Dan Istri Tua 31 Juli 2014
    HARTA WARIS UNTUK ISTRI MUDA DAN ISTRI TUA Assalamualaikum ustadz.... saya mau bertanya, bagaimana pembagian warisan keluarga saya 1. bapa saya menikah dengan ibu saya dan mempunyai anak yaitu saya, kemudian bapa saya menikah lagi (poligami) dengan seorang wanita hingga harta bapa saya bangkrut karena dikuras oleh istri mudanya dan mempunyai anak. kemudian i […]
    Ahmad Fatih
  • Hubungan Suami Istri Berbagai Posisi, Bolehkah? 30 Juli 2014
    HUBUNGAN SUAMI ISTRI BERBAGAI POSISI, BOLEHKAH? assalamu alaikum ustad sebelumnya maaf sebelumnya saya ingin menanyakan masalah hubungan suami istri apakah di dalam islam ada batasan2 yg mengatur tentang cara berhubungan suami-istri. karena saya dengan istri saya melakukannya boleh di katakan sangat... (maaf) kami terkadang melakukan dengan berbagai hal (gay […]
    Ahmad Fatih
  • Hak Waris Anak Istri Pertama dari Harta Istri Kedua 29 Juli 2014
    HAK WARIS ANAK ISTRI PERTAMA DAN KEDUA Assalamulaikum wr wb, nama saya S. saya ingin bertanya soal warisan, dan saya anak dari istri kdua singkat saja, dahulu ayah saya menikah dgn istri pertama dan mempunyai 8 anak, 7 laki2 dan 1 perempuan, tahun 1990 ayah saya meninggalkan istri pertama tanpa cerai di pengadilan, dari tahun 1991 ayah saya menikah dengan ib […]
    Ahmad Fatih
  • Bagian Waris Istri Kelima dan Anaknya 27 Juli 2014
    PEMBAGIAN WARISAN SUAMI UNTUK ISTRI KELIMA asalamualaikum,wr.wb mau tanya jika seorang ayah mempunyai 5 orang istri dan masing-masing mempunyai anak dan bagaimana cara pembagiannya harta warisanya sedang mereka mempunyai rumah dan tanah masing masing dari ayah mereka namun anak istri kelima tidak mempunyai harta ataupun tanah sama sekali mohon penjelasan ter […]
    Ahmad Fatih
  • Harta Waris Saudara Kandung 27 Juli 2014
    HARTA WARIS PENINGGALAN WANITA LAJANG UNTUK SAUDARA KANDUNG LAKI-LAKI PEREMPUAN Assalamuallaikum wr.wb Kami ingin menanyakan hal2 berikut : Saudara perempuan kami, (anak ke 7 dari 13 bersaudara). Beliau tidak menikah. Ahli waris yg masih hidup ada 11 orang saudara : 5 sdr perempuan, 6 sdr laki2. 1 sdr perempuan tertua telah meninggal dunia begitupun dgn kedu […]
    Ahmad Fatih
  • Harta Bagian Waris Suami, Anak, Ayah dan Ibu 26 Juli 2014
    HARTA WARIS PENINGGALAN ISTRI Assalamu'alaikum wr.wb, Perkenalkan nama saya Herri. Saya ingin tahu tentang hukum/bagian waris dalam keluarga saya. Kronologis seperti di bawah ini : Istri saya meninggal pada bln Oktober 2013 kemarin, dengan meninggalkan 1 anak laki-laki (12th), dan 2 anak perempuan (8th dan 3.5th). Bapak-Ibu istri (mertua saya) masih ada […]
    Ahmad Fatih
  • Bagian Waris Cucu 25 Juli 2014
    ANAK TIDAK ADA, BERAPA HARTA BAGIAN WARIS CUCU Assalamu’alaikum wr. wb saya mau bertanya untuk masalah kewarisan berikut: kakek dan nenek saya telah meninggal dunia tahun 2013 yg lalu, meninggalkan harta berupa 2 tanah bangunan rumah. mereka mempunyai anak: 2 laki-laki dan 1 perempuan, 1 anak laki-laki telah lama meninggal dunia ketika kecil dan 1 anak laki- […]
    Ahmad Fatih
  • Jaringan Islam Liberal (JIL): Sesat, Fasik atau Kafir? 25 Juli 2014
    JARINGAN ISLAM LIBERAL DAN PENDIRINYA: MURTAD? Assalamu'alaikum warahmatullah wabaraakatuh Pertama tama saya ucapkan banyak terima kasih atas jawabannya terhadap pertanyaan saya yang dulu terkait tawanan perang serta hukum cambuk. Alhamdulillah disertasi master saya sudah selesai dan menunggu penilaian. Mohon doanya ya Bapak dan Ibu Ustadz.. Kali ini sa […]
    Ahmad Fatih
  • Hukum Adopsi Anak Zina 23 Juli 2014
    HUKUM MENGADOPSI ANAK ZINA Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatu ustad...perkenalkan saya tia dari NTB..saya mau nanya ni ustad...saya kan udah nikah kurang dari 4tahun.. terus suami saya pengen adopsi anak yang hasil dari zina(anak tanpa bapak) yang saya tanyakan 1. apakah keputusan suami saya benar atau salah ustad tapi suami saya sudah niat banget peng […]
    Ahmad Fatih
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

