Manajemen Pemasaran

Pembelajaran Konsumen

Posted on: 14 Januari 2010


Pembelajaran Konsumen

Pembelajaran konsumen merupakan proses ; artinya terus menerus berkembang dan berubah karena adanya pengetahuan yang baru diperoleh ( yang mungkin didapat dari membaca, dari diskusi, dari pengamatan, dan dari proses berpikir ) atau dari pengamatan sendiri.

Peran pengalaman dalam pembelajaran tidak berarti bahwa semua pembelajaran dicari dengan sengaja. Walaupun kebanyakan pembelajaran adalah disengaja ( yaitu, diperoleh sebagai hasil pencarian informasi yang teliti ), banyak pemebalajaran yang disengaja, diperoleh secara kebetulan atau tanpa banyak usaha.

Motivasi

Konsep motivasi penting bagi teori pembelajaran ingatlah, motivasi didasarkan pada kebutuhan dan sasaran. Motivasi berlaku sebagai pemacu pembajaran.

Isyarat

Isyarat merupakan stimuli yang memberikan arah berbagai motif ini.isyarat membantu mengarahkan dorongan konsumen jika konsistensi dengan harapan-harapan konsumen.

Respon

Cara bereaksi para individu terhadap dorongan interval atau isyarat – bagaimana mereka berperilaku – akan membentuk respon mereka. Pembelajaran dapat terjadi bahkan ketika tanggapan tidak jelas.

Penguatan

Penguatan ( reinforcement ) meningkatkan kemungkinan bahwa respon khusus akan terjadi di masa yang mendatang karena adanya berbagai isyarat atau stimuli khusus.

Beberapa Teori Pembelajaran Perilaku

Teori pembelajaran perilaku kadang-kadang disebut teori stimulus-tanggapan karena didasarkan pada pemikiran bahwa tanggapan yang nyata terhadap stimuli-tanggapan eksternal tertentu memberi pertanda bahwa pembelajaran telah terjadi.

Pengkondisian klasik

Ivan Pavlov, Psikolog Rusia, adalah yang pertama menggambarkan pengkondisian dan mengemukakannya sebagai model umum mengenai cara terjadinya pembelajaran.menurut teori Pavlov, pembelajaran yang dikondisikan terjadi jika stimulus tertentu yang dipasangkan dengan stimulus lain yang mendatangkan tanggapan yang dikenal menimbulkan tanggapan yang sama jika digunakan sendiri saja.

Pembelajaran Asosiasi Kognitif

Teori pengkondisian yang terakhir memandang pengkondisian klasik sebagai pembelajaran asosiasi di antara berbagai peristiwa yang memungkinkan organisme untuk mengantisipasi dan “mewakili” lingkungannya.pengkondisian klasik dipandang sebagai pembelajaran asosiasi kognitif. Bukan perolehan refleks baru, tetapi merupakan perolehan pengetahuan baru mengenai dunia.

Aplikasi Strategis Pengkondisian Klasik

Tiga konsep pokok yang berasal dari pengkondisian klasik adalah:

Þ Pengulangan

Þ Generalisasi stimulus

o Perluasan lini,bentuk,dan golongan produk

o Pemakaian merk gabungan (family Branding)

o Pemberian lisensi (licensing)

o Menggeneralisasikan situasi pemakaian

Þ Diskriminasi stimulus

o Pengaturan posisi

o Diferensiasi Produk

Pengkondisian Instrumental

Para pakar teori pembelajaran instrumental percaya bahwa pemebelajaran terjadi melalui proses mencoba (trial and error), dimana kebiasaan dibentuk sebagai hasil ganjaran yang diterima untuk tanggapan dan perilaku tertentu.

Nama yang sangat erat hubungannya dengan Pengkondisian Instrumental (Operant) diberikan oleh psikolog Amerika, B,F, Skinner, kebanyakan pembelajaran individu terjadi pada lingkungan yang dapat dikendalikan di mana para individu “memperoleh ganjaran” jika berhasil memilih perilaku yang tepat.

Penguatan Perilaku

Skinner membedakan dua tipe penguatan ( atau ganjaran ) yang mempengaruhi kemungkinan bahwa tanggapan tertentu akan berulang. Tipe pertama, penguatan positif,terdiri dari berbagai peristiwa yang memperkuat kemungkinan timbulnya tanggapan khusus. Penguatan negative merupakan hasil yang tidak menyenangkan atau negative yang juga mendorong timbulnya perilaku khusus.

Melupakan dan Mengahapus Ingatan

Jika tanggapan yang dipelajari tidak lagi diperkuat, maka akan menghilang sampai tingkat penghapusan; yaitu sampai tingkat dimana hubungan antara stimulus dan ganjaran yang diharapkan hilang.

Aplikasi Strategis Pengkondisian instrumental

Para pemasar secara efektif menggunakan berbagai konsep pembelajaran instrumental konsumen ketika mereka memberikan penguatan positive dengan menjamin kepuasan konsumen terhadap produk, jasa, dan keseluruhan pengalaman membeli.

Þ Kepuasaan (penguatan) Pelanggan

Þ Urutan penguatan

Þ Pembelajaran terkumpul versus pembelajaran terdistribusi

Pembelajaran Melalui Peragaan atau Pengamatan

Para pakat teori pemebalajaran memperhatikan bahwa sebagian besar pemebelajaran terjadi dalam keadaan tidak adanya penguatan langsung, baik yang positive maupun negative melalui proses yang disebut para psilokolog pembelajaran melalui peragaan atau pengamatan.

Teori Pembelajaran Kognitif

Pembelajaran berdasarkan pada kegiatan mental disebut pemebelajaran kognitif. Teori pemebelajaran kognitif mengganggap bahwa pemebelajaran uang menjadi cirri khas manusia adalah pemecahan masalah, yang memungkinkan para individu dapat mengendalikan lingkungan mereka. Tidak seperti teori pembelajaran prilaku, teori mengganggap bahwa pembelajaran menyangkut pengolahan mental yang kompleks terhadap informasi.

Pengolahan Informasi

Pengolahan informasi berkaitan dengan kemampuan kognitif konsumen maupun kompleksitas informasi yang akan diolah.

Cara Konsumen Menyimpan, Mempertahankan, dan Mengingat kembali informasi

Yang sangat penting dalam pengolahan informasi adalah daya ingat manusia. Struktur Ingatan karena pengolahan informasi terjadi dalam beberapa tahap yaitu;

Þ Penyimpanan Sensoris

Þ Penyimpanan jangka panjang

Þ Penyimpanan jangka pendek

Þ Pengulangan dan penyandian

Þ Penyimpanan

Þ Mengingat kembali

Þ Pengolahan informasi terbatas dan luas

Teori Keterlibatan

Teori keterlibatan berkembang dari aliran riset yang disebut hemispheral lateralization atau teori belah otak. Dasar pemikiran belah otak adalah bahwa hemisfer otak sebelah kanan dan kiri “mengkhususkan diri” pada macam informasi yang mereka olah.

Þ Teori Keterlibatan dan strategis Media

Þ Teori Keterlibatan dan relevansinya bagi konsumen

Þ Rute Tengah dan Samping untuk Melakukan Persuasi

Þ Model Kemungkinan Pembahasan Model Kemungkinan Pembahasan

Þ Ukuran Keterlibatan

Ukuran Pembelajaran Konsumen

Meningkatanya pangsa pasar dan konsumen yang setia pada merk, bagi kebanyakan pemasar, merupakan sasaran ganda dari pembelajaran konsumen.

Þ Ukuran Pengenalan dan Ingatan

Þ Tanggapan Kognitif terhadap Iklan

Þ Ukuran Sikap dan Perilaku pada Kesetiaan Terhadap Merk

Ekuitas Merk

Istilah ekuitas merk merujuk pada nilai yang terkandung dalam suatu merk terkenal. Dari perspektif konsumen, ekuitas merk merupakan nilai tambah yang diberikan pada produk oleh merk

About these ads

Artikel Gue…

Kalender Gue….

Januari 2010
S S R K J S M
     
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kritik & Saran

My Photo

that's me

Jangan Pernah Menyerah

Inovatif

RSS Kreatif…

  • Hukum Tidak Shalat karena Malas 22 Mei 2015
    HUKUM TIDAK SHALAT DENGAN SENGAJA KARENA MALAS Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Ustadz, saya ingin bertanya, teman saya pernah bertanya tentang hadist Yang mengatakan "apabila seseorang meninggalkan sholat yang wajib dengan sengaja, maka janji allah terlepas darinya (HR AHMAD, NO. 22128) "pertanyaan saya 1. Apakah hadist tersebut benar 2 […]
    Konsultasi Islam Al-Khoirot
  • Hukum Tidak Menikah Selamanya 21 Mei 2015
    TIDAK MENIKAH SEUMUR HIDUP, BOLEHKAH? Assalamu'alaikum Wr.Wb 1. saya ingin menanyakan apakah haram seorang pezina menikah dengan wanita sholiha, padahal dia sudah taubat dan berubah, karena dalam ayat suci Al Qur'an Allah SWT berfirman : Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik dan perempu […]
    Konsultasi Islam Al-Khoirot
  • Apakah Setiap Gaji Wajib Dizakati? 18 Mei 2015
    APAKAH SETIAP GAJI WAJIB ZAKAT SETIAP BULAN? Assalamualaikum wr.wb Ustad saya mau menanyakan tentang perbedaan zakat,infaq dan sedekah lebih jelasnya..kadang masih bingung dengan itu.. 1. setau saya zakat memang diambil setiap bulannya dari gaji 2,5% nya..setelah dipotong hutang ya.. 2. kalau sedekah ya seikhlasnya membantu menolong seorang yg membutuhkan,ba […]
    Konsultasi Islam Al-Khoirot
  • Shalat Raghaib (Roghoib) 17 Mei 2015
    Shalat Raghaib adalah shalat dua belas rakaat yang dilakukan antara Maghrib dan Isya’ pada awal malam Jum’at bulan Rojab. Shalat roghoib ini disebut dalam kitab Ihya Ulumuddin dan Qut Al-Muluk karena menurut Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmuk Syarah Muhazab dan Syarah Muslim, dalil shalat roghoib ini sangat lemah dan bahkan maudhuk. HUKUM SHALAT ROGHOIB JUMAT […]
    Konsultasi Islam Al-Khoirot
  • Wanita Mengajar Pria 17 Mei 2015
    HUKUM WANITA MUSLIMAH MEMBIMBING DAN MENGAJAR PRIA KRISTEN TENTANG ISLAM Assalamualaikum wr wb, Saya adalah seorang muslimah yang sedang menjalin hubungan pacaran dengan seorang laki -laki yang beragama kristen selama 2 tahun berjalan. Namun laki -laki ini ingin masuk islam dan meminta saya untuk membimbing dia agar masuk islam. Jadi 2 tahun ini, saya sudah […]
    Konsultasi Islam Al-Khoirot
  • Talfiq dalam Islam 16 Mei 2015
    Talfiq adalah tidak mengikatkan diri pada satu mazhab fiqih tertentu akan tetapi mengikuti pendapat dari berbagai mazhab fiqih baik dengan mengambil pendapat yang mudah saja atau yang berat saja dari berbagai mazhab tersebut. Talfiq dalam istilah ulama ushul fiqih termasuk istilah yang baru muncul di kalangan ulama muta'akhirin (yang akhir) setelah empa […]
    Konsultasi Islam Al-Khoirot
  • Makmum pada Imam yang Tidak Fasih 9 Mei 2015
    MENELAN AIR LIUR SAAT PUASA DAN MAKMUM PADA IMAM UMMI (TIDAK FASIH) Assalamu 'alaikum Ustadz / Kyai Pp. Al-Khoirot yg saya hormati.. Saya dari Jawabarat Ustadz,, ingin sekali mendapat solusi atas masalah2 yg saya alami terkait kitab2 yg saya kaji waktu dulu saya di Pesantren. Dalam bab2 fiqih utamanya, dari mulai yg ringan hingga yg sampai saya merasa m […]
    Konsultasi Islam Al-Khoirot
  • Hukum MLM dalam Islam 8 Mei 2015
    BISNIS PULSA SISTEM DOWNLINE MLM, HALAL ATAU HARAM? Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh Ustadz Saya ingin bertanya… saya membuka usaha kecil-kecilan, yaitu berjualan pulsa sejak 10 Juni 2014. Sebenarnya saya belum memahami bagaimana sistemnya, yang ada dalam pikiran saya, saya searching di internet terus saya mendaftar menjadi agen penjualan pulsa, […]
    Konsultasi Islam Al-Khoirot
  • Wali Hakim Pernikahan 6 Mei 2015
    WALI HAKIM DAN WALI MUHAKKAM DALAM PERNIKAHAN Terima kasih atas jawabannya dan penjelasannya Ustad, tapi ini masih ada satu ganjalan dan pertanyaan yg belum terjawab. 1. Bukankan dalam islam yg menikahkan perempuan harus wali yg sah. 2. Apakah ada dalil / hadist yg shahih yg menerangkan bahwa wali perempuan boleh digantikan oleh wali yg ditunjuk (keluarga pi […]
    Konsultasi Islam Al-Khoirot
  • Wanita Berjilbab Tergoda Pacaran 6 Mei 2015
    SETELAH BERJILBAB TERGODA PACARAN Assalamualaikum,,, ustad saya mau bertanya, dulu saya punya tujuan untuk menutup aurat dan itu telah terwujudkan tapi kenapa disaat saya telah menutup aurat saya terkena godaan buat berpacaran padahal sebelumnya saya tidak akan berniat untuk pacaran setelah saya menutup aurat niat saya langsung nikah tanpa pacaran 1. saya ha […]
    Konsultasi Islam Al-Khoirot
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: