Manajemen Pemasaran

Pembelajaran Konsumen

Posted on: 14 Januari 2010

  • In: Uncategorized
  • Komentar Dinonaktifkan pada Pembelajaran Konsumen

Pembelajaran Konsumen

Pembelajaran konsumen merupakan proses ; artinya terus menerus berkembang dan berubah karena adanya pengetahuan yang baru diperoleh ( yang mungkin didapat dari membaca, dari diskusi, dari pengamatan, dan dari proses berpikir ) atau dari pengamatan sendiri.

Peran pengalaman dalam pembelajaran tidak berarti bahwa semua pembelajaran dicari dengan sengaja. Walaupun kebanyakan pembelajaran adalah disengaja ( yaitu, diperoleh sebagai hasil pencarian informasi yang teliti ), banyak pemebalajaran yang disengaja, diperoleh secara kebetulan atau tanpa banyak usaha.

Motivasi

Konsep motivasi penting bagi teori pembelajaran ingatlah, motivasi didasarkan pada kebutuhan dan sasaran. Motivasi berlaku sebagai pemacu pembajaran.

Isyarat

Isyarat merupakan stimuli yang memberikan arah berbagai motif ini.isyarat membantu mengarahkan dorongan konsumen jika konsistensi dengan harapan-harapan konsumen.

Respon

Cara bereaksi para individu terhadap dorongan interval atau isyarat – bagaimana mereka berperilaku – akan membentuk respon mereka. Pembelajaran dapat terjadi bahkan ketika tanggapan tidak jelas.

Penguatan

Penguatan ( reinforcement ) meningkatkan kemungkinan bahwa respon khusus akan terjadi di masa yang mendatang karena adanya berbagai isyarat atau stimuli khusus.

Beberapa Teori Pembelajaran Perilaku

Teori pembelajaran perilaku kadang-kadang disebut teori stimulus-tanggapan karena didasarkan pada pemikiran bahwa tanggapan yang nyata terhadap stimuli-tanggapan eksternal tertentu memberi pertanda bahwa pembelajaran telah terjadi.

Pengkondisian klasik

Ivan Pavlov, Psikolog Rusia, adalah yang pertama menggambarkan pengkondisian dan mengemukakannya sebagai model umum mengenai cara terjadinya pembelajaran.menurut teori Pavlov, pembelajaran yang dikondisikan terjadi jika stimulus tertentu yang dipasangkan dengan stimulus lain yang mendatangkan tanggapan yang dikenal menimbulkan tanggapan yang sama jika digunakan sendiri saja.

Pembelajaran Asosiasi Kognitif

Teori pengkondisian yang terakhir memandang pengkondisian klasik sebagai pembelajaran asosiasi di antara berbagai peristiwa yang memungkinkan organisme untuk mengantisipasi dan “mewakili” lingkungannya.pengkondisian klasik dipandang sebagai pembelajaran asosiasi kognitif. Bukan perolehan refleks baru, tetapi merupakan perolehan pengetahuan baru mengenai dunia.

Aplikasi Strategis Pengkondisian Klasik

Tiga konsep pokok yang berasal dari pengkondisian klasik adalah:

Þ Pengulangan

Þ Generalisasi stimulus

o Perluasan lini,bentuk,dan golongan produk

o Pemakaian merk gabungan (family Branding)

o Pemberian lisensi (licensing)

o Menggeneralisasikan situasi pemakaian

Þ Diskriminasi stimulus

o Pengaturan posisi

o Diferensiasi Produk

Pengkondisian Instrumental

Para pakar teori pembelajaran instrumental percaya bahwa pemebelajaran terjadi melalui proses mencoba (trial and error), dimana kebiasaan dibentuk sebagai hasil ganjaran yang diterima untuk tanggapan dan perilaku tertentu.

Nama yang sangat erat hubungannya dengan Pengkondisian Instrumental (Operant) diberikan oleh psikolog Amerika, B,F, Skinner, kebanyakan pembelajaran individu terjadi pada lingkungan yang dapat dikendalikan di mana para individu “memperoleh ganjaran” jika berhasil memilih perilaku yang tepat.

Penguatan Perilaku

Skinner membedakan dua tipe penguatan ( atau ganjaran ) yang mempengaruhi kemungkinan bahwa tanggapan tertentu akan berulang. Tipe pertama, penguatan positif,terdiri dari berbagai peristiwa yang memperkuat kemungkinan timbulnya tanggapan khusus. Penguatan negative merupakan hasil yang tidak menyenangkan atau negative yang juga mendorong timbulnya perilaku khusus.

Melupakan dan Mengahapus Ingatan

Jika tanggapan yang dipelajari tidak lagi diperkuat, maka akan menghilang sampai tingkat penghapusan; yaitu sampai tingkat dimana hubungan antara stimulus dan ganjaran yang diharapkan hilang.

Aplikasi Strategis Pengkondisian instrumental

Para pemasar secara efektif menggunakan berbagai konsep pembelajaran instrumental konsumen ketika mereka memberikan penguatan positive dengan menjamin kepuasan konsumen terhadap produk, jasa, dan keseluruhan pengalaman membeli.

Þ Kepuasaan (penguatan) Pelanggan

Þ Urutan penguatan

Þ Pembelajaran terkumpul versus pembelajaran terdistribusi

Pembelajaran Melalui Peragaan atau Pengamatan

Para pakat teori pemebalajaran memperhatikan bahwa sebagian besar pemebelajaran terjadi dalam keadaan tidak adanya penguatan langsung, baik yang positive maupun negative melalui proses yang disebut para psilokolog pembelajaran melalui peragaan atau pengamatan.

Teori Pembelajaran Kognitif

Pembelajaran berdasarkan pada kegiatan mental disebut pemebelajaran kognitif. Teori pemebelajaran kognitif mengganggap bahwa pemebelajaran uang menjadi cirri khas manusia adalah pemecahan masalah, yang memungkinkan para individu dapat mengendalikan lingkungan mereka. Tidak seperti teori pembelajaran prilaku, teori mengganggap bahwa pembelajaran menyangkut pengolahan mental yang kompleks terhadap informasi.

Pengolahan Informasi

Pengolahan informasi berkaitan dengan kemampuan kognitif konsumen maupun kompleksitas informasi yang akan diolah.

Cara Konsumen Menyimpan, Mempertahankan, dan Mengingat kembali informasi

Yang sangat penting dalam pengolahan informasi adalah daya ingat manusia. Struktur Ingatan karena pengolahan informasi terjadi dalam beberapa tahap yaitu;

Þ Penyimpanan Sensoris

Þ Penyimpanan jangka panjang

Þ Penyimpanan jangka pendek

Þ Pengulangan dan penyandian

Þ Penyimpanan

Þ Mengingat kembali

Þ Pengolahan informasi terbatas dan luas

Teori Keterlibatan

Teori keterlibatan berkembang dari aliran riset yang disebut hemispheral lateralization atau teori belah otak. Dasar pemikiran belah otak adalah bahwa hemisfer otak sebelah kanan dan kiri “mengkhususkan diri” pada macam informasi yang mereka olah.

Þ Teori Keterlibatan dan strategis Media

Þ Teori Keterlibatan dan relevansinya bagi konsumen

Þ Rute Tengah dan Samping untuk Melakukan Persuasi

Þ Model Kemungkinan Pembahasan Model Kemungkinan Pembahasan

Þ Ukuran Keterlibatan

Ukuran Pembelajaran Konsumen

Meningkatanya pangsa pasar dan konsumen yang setia pada merk, bagi kebanyakan pemasar, merupakan sasaran ganda dari pembelajaran konsumen.

Þ Ukuran Pengenalan dan Ingatan

Þ Tanggapan Kognitif terhadap Iklan

Þ Ukuran Sikap dan Perilaku pada Kesetiaan Terhadap Merk

Ekuitas Merk

Istilah ekuitas merk merujuk pada nilai yang terkandung dalam suatu merk terkenal. Dari perspektif konsumen, ekuitas merk merupakan nilai tambah yang diberikan pada produk oleh merk

Artikel Gue…

Kalender Gue….

Januari 2010
S S R K J S M
     
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kritik & Saran

My Photo

that's me

Jangan Pernah Menyerah

Inovatif

RSS Kreatif…

  • Hukum Menutup Aib Dosa 27 September 2016
    HUKUM MENUTUP MEMBUKA AIB DOSA DIRI SENDIRI Assalamualaikum ustadz, saya sedang bingung karena sahabat saya (seorang istri) yg terus menerus curhat mengenai penyesalannya karena telah selingkuh dari suaminya. Dia dirayu terus menerus hingga akhirnya berzina dengan laki-laki lain. Namun suaminya tidak mengetahui bahwa sang istri selingkuh. TOPIK SYARIAH ISLAM […]
    Konsultasi Syariah
  • Makna Dua Kalimat Syahadat 25 September 2016
    MAKSUD AKU BERSAKSI DALAM KALIMAH SYAHADAT 1.a Apa maksud dari kata AKU BERSAKSI? makna apa saja yang terkandung dalam kata "bersaksi", pada 2 kalimat syahadat. Supaya bisa masuk islam dari murtad. Makna BERSAKSI itu apa? Makna Cari di internet malah makin bingung, tidak ada yang ada rujukannya. Kitabnya. Takut salah. Saya bingung . 1b. Jika dibali […]
    Konsultasi Syariah
  • Mengobati Penyakit Was was Murtad dan Kufur 23 September 2016
    WAS-WAS SOAL MURTAD 1. Apkah mencela seseorang menyebabkan murtad? Misal :wajah mu jelek sekali. Kan menghina ciptaan Alloh. 2. Apakah menghina ustad menyebabkan murtad, Menghina karena kelakuannya, yang jauh dari ustad yang seharusnya. Misal: huh,ustad parah, trus aja berbohong. 3.menghina/melecehkan salah satu dari hukum syariat(wajib/sunnat/ makruh/ haram […]
    Konsultasi Syariah
  • Was-Was Keabsahan Ijab Kabul Pernikahan 21 September 2016
    WAS-WAS IJAB KABUL PERNIKAHAN Ustad, kenapa saya selalu ada was-was tentang sah atau tidak sah ijab Kabul yang baru seminggu terjadi? ini pertanyaan kedua yang sebelumnya saya bertanya tentang penyebutan nama wali yang salah, dan ustad mengatakan tidak masalah nikahnya tetap sah. ada lagi yang membuat saya was-was ustad... tolong penjelasan mendetail agar sa […]
    Konsultasi Syariah
  • Musik dalam Islam 18 September 2016
    HUKUM MUSIK DALAM ISLAM Halal dan haram musik (music) dalam hukum Islam. Musik adalah suatu aktifitas budaya yang dilakukan oleh hampir semua orang, disengaja atau tidak. Sedikitnya, orang pasti mendengarkan alunan musik di rumah tetangga, TV, radio, mall, di jalan-jalan, di angkutan umum, dan lain-lain. Itu artinya, musik harus mendapat status yang jelas da […]
    Konsultasi Syariah
  • Hukum Bersetubuh Saat Ihram Haji karena Lupa 16 September 2016
    HUKUM JIMAK (HUBUNGAN INTIM / BERSETUBUH) SAAT IHRAM BELUM TAHALUL Apa hukum berhubungan suami istri setelah melakukan tawaf ifadah dan sai karena terlupakan? Sah atau tidak hajinya? Apa solusinya? JAWABAN HUBUNGAN INTIM ATAU BERSETUBUH SAAT BELUM TAHALUL HAJI ATAU UMROH Pelanggaran haji, termasuk hubungan intim suami istri, yang dilakukan karena lupa atau t […]
    Konsultasi Syariah
  • Mengatasi Sakit Was was Kufur dan Murtad 14 September 2016
    MENGATASI PENYAKIT WAS-WAS MURTAD DAN KUFUR 1. Apa yang dimaksud dengan waswas murtad/kupur? Maaf berikan contohnya. 2. Apa yang dimaksud ragu dalam kufur/murtad? Contohnya? 3. Yang dapat menyebabbkan seseorang menjadi murtad/kufur itu, karena waswas atau ragu? Bagaimana cara membedakanny? 4a. Apakah sah bagi orang yang murtad mengucapkan 2 kalimat sahadat, […]
    Konsultasi Syariah
  • Talaknya Suami Mabuk, Jatuh Cerai? 9 September 2016
    HUKUM TALAK SUAMI MABUK, TERJADI ATAU TIDAK? Selamat sore . Asalamualaikum wahrohmatullah wabarokatuh bapak atau ibu saya mohon bantuan untuk penjelasaan mengenai masalah yang saya hadapi .. suami saya seorang pemakai narkoba yang cukup aktif . saya sudah menikah selama 4 tahun . setiap suami saya memakai barang haram tersebut suami saya kerap sekali menguca […]
    Konsultasi Syariah
  • Uang Kotak Amal Masjid Untuk Apa Saja? 2 September 2016
    BATAS PENGGUNAAN UANG KOTAK AMAL INFAK MASJID Assalamu'alaikum wr.wb Yang kami mulyakan dewan kyai pengasuh konsultasi syariah al khoirot.... mhn penjelasan berikut dalil rinci tentang : 1. apakah di perbolehkan jika biaya pengurusan janazah di tanggung seluruhnya, oleh baitul mal masjid, baik orang kaya atau miskin ? karena sepengetahuan saya biaya jan […]
    Konsultasi Syariah
  • Tidak Direstui karena Wanita Lebih Tua 31 Agustus 2016
    HUBUNGAN TIDAK DIRESTUI KARENA UMUR WANITA LEBIH TUA Assalamualaikum ustad, perkenalkan nama saya laki-laki, saya memiliki sedikit problem yg tidak bisa saya pecahkan sendiri. Saya memiliki seorang kekasih (wanita) sebut saja Putri (nama samaran) yang berusia 4tahun lebih tua dibandingkan dengan usia saya. Hubungan kami berjalan atas dasar sama sama suka. Ke […]
    Konsultasi Syariah
%d blogger menyukai ini: