Manajemen Pemasaran

Pembelajaran Konsumen

Posted on: 14 Januari 2010

  • In: Uncategorized
  • Komentar Dinonaktifkan pada Pembelajaran Konsumen

Pembelajaran Konsumen

Pembelajaran konsumen merupakan proses ; artinya terus menerus berkembang dan berubah karena adanya pengetahuan yang baru diperoleh ( yang mungkin didapat dari membaca, dari diskusi, dari pengamatan, dan dari proses berpikir ) atau dari pengamatan sendiri.

Peran pengalaman dalam pembelajaran tidak berarti bahwa semua pembelajaran dicari dengan sengaja. Walaupun kebanyakan pembelajaran adalah disengaja ( yaitu, diperoleh sebagai hasil pencarian informasi yang teliti ), banyak pemebalajaran yang disengaja, diperoleh secara kebetulan atau tanpa banyak usaha.

Motivasi

Konsep motivasi penting bagi teori pembelajaran ingatlah, motivasi didasarkan pada kebutuhan dan sasaran. Motivasi berlaku sebagai pemacu pembajaran.

Isyarat

Isyarat merupakan stimuli yang memberikan arah berbagai motif ini.isyarat membantu mengarahkan dorongan konsumen jika konsistensi dengan harapan-harapan konsumen.

Respon

Cara bereaksi para individu terhadap dorongan interval atau isyarat – bagaimana mereka berperilaku – akan membentuk respon mereka. Pembelajaran dapat terjadi bahkan ketika tanggapan tidak jelas.

Penguatan

Penguatan ( reinforcement ) meningkatkan kemungkinan bahwa respon khusus akan terjadi di masa yang mendatang karena adanya berbagai isyarat atau stimuli khusus.

Beberapa Teori Pembelajaran Perilaku

Teori pembelajaran perilaku kadang-kadang disebut teori stimulus-tanggapan karena didasarkan pada pemikiran bahwa tanggapan yang nyata terhadap stimuli-tanggapan eksternal tertentu memberi pertanda bahwa pembelajaran telah terjadi.

Pengkondisian klasik

Ivan Pavlov, Psikolog Rusia, adalah yang pertama menggambarkan pengkondisian dan mengemukakannya sebagai model umum mengenai cara terjadinya pembelajaran.menurut teori Pavlov, pembelajaran yang dikondisikan terjadi jika stimulus tertentu yang dipasangkan dengan stimulus lain yang mendatangkan tanggapan yang dikenal menimbulkan tanggapan yang sama jika digunakan sendiri saja.

Pembelajaran Asosiasi Kognitif

Teori pengkondisian yang terakhir memandang pengkondisian klasik sebagai pembelajaran asosiasi di antara berbagai peristiwa yang memungkinkan organisme untuk mengantisipasi dan “mewakili” lingkungannya.pengkondisian klasik dipandang sebagai pembelajaran asosiasi kognitif. Bukan perolehan refleks baru, tetapi merupakan perolehan pengetahuan baru mengenai dunia.

Aplikasi Strategis Pengkondisian Klasik

Tiga konsep pokok yang berasal dari pengkondisian klasik adalah:

Þ Pengulangan

Þ Generalisasi stimulus

o Perluasan lini,bentuk,dan golongan produk

o Pemakaian merk gabungan (family Branding)

o Pemberian lisensi (licensing)

o Menggeneralisasikan situasi pemakaian

Þ Diskriminasi stimulus

o Pengaturan posisi

o Diferensiasi Produk

Pengkondisian Instrumental

Para pakar teori pembelajaran instrumental percaya bahwa pemebelajaran terjadi melalui proses mencoba (trial and error), dimana kebiasaan dibentuk sebagai hasil ganjaran yang diterima untuk tanggapan dan perilaku tertentu.

Nama yang sangat erat hubungannya dengan Pengkondisian Instrumental (Operant) diberikan oleh psikolog Amerika, B,F, Skinner, kebanyakan pembelajaran individu terjadi pada lingkungan yang dapat dikendalikan di mana para individu “memperoleh ganjaran” jika berhasil memilih perilaku yang tepat.

Penguatan Perilaku

Skinner membedakan dua tipe penguatan ( atau ganjaran ) yang mempengaruhi kemungkinan bahwa tanggapan tertentu akan berulang. Tipe pertama, penguatan positif,terdiri dari berbagai peristiwa yang memperkuat kemungkinan timbulnya tanggapan khusus. Penguatan negative merupakan hasil yang tidak menyenangkan atau negative yang juga mendorong timbulnya perilaku khusus.

Melupakan dan Mengahapus Ingatan

Jika tanggapan yang dipelajari tidak lagi diperkuat, maka akan menghilang sampai tingkat penghapusan; yaitu sampai tingkat dimana hubungan antara stimulus dan ganjaran yang diharapkan hilang.

Aplikasi Strategis Pengkondisian instrumental

Para pemasar secara efektif menggunakan berbagai konsep pembelajaran instrumental konsumen ketika mereka memberikan penguatan positive dengan menjamin kepuasan konsumen terhadap produk, jasa, dan keseluruhan pengalaman membeli.

Þ Kepuasaan (penguatan) Pelanggan

Þ Urutan penguatan

Þ Pembelajaran terkumpul versus pembelajaran terdistribusi

Pembelajaran Melalui Peragaan atau Pengamatan

Para pakat teori pemebalajaran memperhatikan bahwa sebagian besar pemebelajaran terjadi dalam keadaan tidak adanya penguatan langsung, baik yang positive maupun negative melalui proses yang disebut para psilokolog pembelajaran melalui peragaan atau pengamatan.

Teori Pembelajaran Kognitif

Pembelajaran berdasarkan pada kegiatan mental disebut pemebelajaran kognitif. Teori pemebelajaran kognitif mengganggap bahwa pemebelajaran uang menjadi cirri khas manusia adalah pemecahan masalah, yang memungkinkan para individu dapat mengendalikan lingkungan mereka. Tidak seperti teori pembelajaran prilaku, teori mengganggap bahwa pembelajaran menyangkut pengolahan mental yang kompleks terhadap informasi.

Pengolahan Informasi

Pengolahan informasi berkaitan dengan kemampuan kognitif konsumen maupun kompleksitas informasi yang akan diolah.

Cara Konsumen Menyimpan, Mempertahankan, dan Mengingat kembali informasi

Yang sangat penting dalam pengolahan informasi adalah daya ingat manusia. Struktur Ingatan karena pengolahan informasi terjadi dalam beberapa tahap yaitu;

Þ Penyimpanan Sensoris

Þ Penyimpanan jangka panjang

Þ Penyimpanan jangka pendek

Þ Pengulangan dan penyandian

Þ Penyimpanan

Þ Mengingat kembali

Þ Pengolahan informasi terbatas dan luas

Teori Keterlibatan

Teori keterlibatan berkembang dari aliran riset yang disebut hemispheral lateralization atau teori belah otak. Dasar pemikiran belah otak adalah bahwa hemisfer otak sebelah kanan dan kiri “mengkhususkan diri” pada macam informasi yang mereka olah.

Þ Teori Keterlibatan dan strategis Media

Þ Teori Keterlibatan dan relevansinya bagi konsumen

Þ Rute Tengah dan Samping untuk Melakukan Persuasi

Þ Model Kemungkinan Pembahasan Model Kemungkinan Pembahasan

Þ Ukuran Keterlibatan

Ukuran Pembelajaran Konsumen

Meningkatanya pangsa pasar dan konsumen yang setia pada merk, bagi kebanyakan pemasar, merupakan sasaran ganda dari pembelajaran konsumen.

Þ Ukuran Pengenalan dan Ingatan

Þ Tanggapan Kognitif terhadap Iklan

Þ Ukuran Sikap dan Perilaku pada Kesetiaan Terhadap Merk

Ekuitas Merk

Istilah ekuitas merk merujuk pada nilai yang terkandung dalam suatu merk terkenal. Dari perspektif konsumen, ekuitas merk merupakan nilai tambah yang diberikan pada produk oleh merk

Artikel Gue…

Kalender Gue….

Januari 2010
S S R K J S M
     
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kritik & Saran

My Photo

that's me

Jangan Pernah Menyerah

Inovatif

RSS Kreatif…

  • Cara Taubat Dosa Zina 24 Agustus 2016
    CARA TAUBAT ZINA assalamualaikum ustadz 1. saya mau bertanya mengenai bagaimana cara bertaubat atas zina yang pernah seseorang lakukan, 2. dan bagaimana jika zina tersebut membuat si wanitanya hamil. langkah tepat apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. terimakasih atas jawabannya wassalam TOPIK SYARIAH ISLAM Cara Taubat Zina Harta War […]
    Konsultasi Syariah
  • Cara Masuk Islam Menjadi Mualaf 24 Agustus 2016
    TATA CARA MENJADI MUALAF DARI KRISTEN KE ISLAM saya pria kristen, umur 28 tahun. saya mempunyai seorang kekasih seorang muslim umur 26 tahun, sudah bercerai, mempunyai anak 1. selama saya dekat dengan dia, saya banyak belajar tentang islam dan ada ketertarikan di hati saya untuk masuk islam.. pada saat saya memutuskan untuk mualaf, keluarganya meminta saya u […]
    Konsultasi Syariah
  • Mengatasi Was was Kufur 23 Agustus 2016
    PERTANYAAN SEPUTAR WAS-WAS WAS WAS DALAM MURTAD/KUFUR. saya seorang yang waswas dalam murtad/kupur. 1. Apa hukum mengucapkan syahadat ketika yakin dalam keadaan islam (tidak murtad)? Misalkan, karena khawatir takut berbuat sesuatu yang membuat murtad, tetapi tidak sadar. 2. Kalau bersahadat, APAKAH bisa dengan cukup mengucapkan 2 kalimat sahadat nya saja? ti […]
    Konsultasi Syariah
  • Akta Cerai Palsu, Apakah Jatuh Talak? 20 Agustus 2016
    AKTA TALAK PALSU DAN SUAMI CERITA MENTALAK ISTRI, APAKAH JATUH TALAK? Assalamualaikum wr. wb. Sebelumnya, saya ingin menyampaikan kronologi cekcok di dalam pernikahan kami. Tahun 2013, kami mengalami cekcok karena adanya pihak ketiga, sehingga keluar permintaan cerai dari saya (istri), karena saat itu sedang dalam keadaan emosi. Yang disambut dengan perkataa […]
    Konsultasi Syariah
  • Ingin Ceraikan Suami, Takut Terjerumus Zina 19 Agustus 2016
    SUAMI BERZINA DENGAN BANYAK WANITA Assalamu'alaikum wr. wb. Saya wanita usia 35 tahun, telah menikah dengan pria usia 37 tahun. Menikah sejak Desember 2007.Sebelum menikah kami berpacaran selama 5 tahun. Selama pacaran kami sering melakukan (maaf) perzinahan. Walaupun saya tetap perawan. Saat itu saya sangat menyesal, gelisah, dsb ingin semua perbuatan […]
    Konsultasi Syariah
  • Shalat Jumat Madzhab Syafi'i 12 Agustus 2016
    BIMBINGAN SHALAT JUM'AT MADZHAB SYAFI'I Shalat Jum'at adalah salat fardhu yang diwajibkan bagi seluruh muslim laki-laki sebagai ganti dari shalat Zhuhur (Dzuhur, Dhuhur). Disebut shalat Jumat karena dilakukan setiap hari Jum'at dan waktu pelaksanaannya pada waktu dhuhur tiba. Karenanya, shalat Jum'at sekaligus menjadi pengganti salat […]
    Konsultasi Syariah
  • Status Kesufian Jamaluddin Al-Qasimi 7 Agustus 2016
    STATUS KESUFIAN JAMALUDDIN AL QASIMI Assalaamungalaikum Pak Kyai/Pak Ustadz. Nyuwun pangapunten. Saya adalah salah seorang santri salafiyah/tradisional. Semoga Panjenengan bisa membantu saya dalam mengurai kebuntuan pikiran saya. Amin. Saya hendak bertanya tentang Muallif/pengarang kitab Mauidhotul Mukminin (Mukhtashor Ihyak Ulumiddin) yaitu Syaikh Jamaluddi […]
    Konsultasi Syariah
  • Hukum Mengoleksi Benda Pusaka 6 Agustus 2016
    HUKUM MENGOLEKSI DAN MENYIMPAN BENDA PUSAKA KERIS BESI KUNING KUJANG DLL Assalamu'alaikum ustadz saya mau bertanya dan saya butuh pencerahan dan informasi yang benar tentang: 1. apa hukum mengoleksi atau menyimpan benda pusaka seperti keris, kujang dll? 2. apa hukum mengisi benda pusaka tersebut dengan khodam/asma allah? Apakah mengisi benda pusaka ters […]
    Konsultasi Syariah
  • Cara Rujuk Talak Tiga 5 Agustus 2016
    TALAK TIGA KALI, APAKAH BOLEH RUJUK KEMBALI? Saya ingin berkonsultasi tentang beberapa hal terkait pernikahan saya yang saya khawatirkan. Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu kondisi saya. Saya menikah dengan kondisi istri saya hamil lebih dulu karena zina, kemudian saya dan istri saya bertaubat untuk kembali ke agama secara sepenuhnya dan menika […]
    Konsultasi Syariah
  • Hukum Memutihkan Kulit dalam Islam 4 Agustus 2016
    MEMUTIHKAN KULIT DEMI SUAMI Assallamua'laikum. Saya seorang wanita sudah menikah. Saya ingin bertanya apakah diperbolehkan dalam Islam jika saya melakukan suntik Vitamin c atau suntik putih ke dokter kulit. Saya lakukan semua itu semata-mata untuk suami saya. Saya sangat merasa buruk didepan suami saya yg selalu mencaci gelapnya lipatan2 tubuh saya, kul […]
    Konsultasi Syariah
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: